Senin, 19 Januari 2015

PRINSIP - PRINSIP PERIKLANAN



PRINSIP - PRINSIP PERIKLANAN

Istilah iklan yang dikenal di Indonesia berasal dari istilah bahasa arab yaitu i'lan. Istilah iklan di populerkan oleh Sudarjo Tjokrosisworo pada tahun 1951 sebagai padanan kata dari advertesing dan advertentie, dengan pengertian penyampaian pesan yang kreatif dan persuasif melalui suatu media penyampai. Adapun prinsip- prinsip periklanan yaitu:

  1. Pesan adalah adanya suatu pesan yang akan ditransfer oranglain. Pesan ini berbentuk verbal dan non verbal bergantung dari media dan tehnik pelaksanaan iklannnya.
  2. Komunikator yaitu pihak yang menyampaikan pesan dan memiliki kepentingan tertentu dalam kegiatan penyampaian iklan. Komunikator iklan bisajadi merupakan lembaga bisnis, sosial, pemerintahan , perorangan dll.
  3. Media adalah sarana komunikasi. Penyampaian iklan membutuhkan media tertentu agar proses transfer gagasan bisa menjadi lebih efektif. Media iklan terbagi menjadi 2 jenis yaitu 1) above the line ( media lini atas) . Media ini bersifat masal yaitu dalam waktu yang bersamaan iklan dapat diterima oleh banyak orang.   Media ini antara lain televisi, radio, majalah, film , dll. 2) Bellow the line  (media lini bawah) media ini seperti poster, leflet, billboard, spanduk dll.
  4. Komunikan adalah kyalayak tertentu yang menjadi sasaran (audiens/pelanggan) atas kegiatan iklan. Dalam dunia bisnis kita akrab sekali dengan kata segment ysitu kelompok sasaran pemasaran berdasarkan identitas tertentu. oleh karna itu komunikan iklan adalah khalayak yang terlebih dahulu sudah disegmentasi.
  5. Dampak, yang di maksudkan disini adalah peningkatan penjualan, peningkatan kesadaran sosial dll. 
Refferensi.
Suryadi, Didih. 2013. PROMOSI EFEKTIF Menggugah Minat & Loyalitas Pelanggan. Platinum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar